Memilih Model Jas Pengantin Pria Agar Tampil Keren

Memilih Model Jas Pengantin Pria – Pada umumnya, saat merencanakan pernikahan maka fokus utama lebih tertuju pada penampilan mempelai wanita dengan gaun pengantin berserta berbagai aksesoris yang melengkapinya. Bahkan untuk memilih gaun pengantin yang cocok, calon mempelai wanita bisa menghabiskan beberapa minggu, atau mungkin beberapa bulan. Namun tidak boleh dilupakan, kaum wanita juga harus memperhatikan penampilan pasangannya agar dapat tampil gagah di hari resepsi pernikahan.

Bayangkan, betapa tidak sepadannya jika tampilan cantik nan menawan mempelai wanita disandingkan dengan tampilan sederhana, bahkan cenderung ala kadarnya, dari si mempelai pria. Apalagi pada umumnya pria tidak terlalu memperdulikan hal-hal yang berhubungan dengan pakaian dan segala perlengkapannya. Untuk itu, calon mempelai wanita memiliki kewajiban untuk ‘menolongnya’ agar berpenampilan gagah di hari yang istimewa.

Bagi calon mempelai yang memilih pernikahan bergaya internasional, maka umumnya setelan jas pengantin bergaya tuksedo dengan dasi kupu-kupu berwarna hitam menjadi pilihan utama mempelai pria. Menurut Jennifer Thompson dari Facchiano melalui situs Tusla Lifestyle, tahun 2012 lalu jas pengantin bergaya James Bond sedang digandrungi calon mempelai pria, yakni jas dengan dua kancing dan dasi hitam kupu-kupu.

Jas Pengantin Pria

Namun dengan semakin banyaknya perancang busana yang meramaikan dunia pakaian pengantin, kini mempelai pria memiliki lebih banyak pilihan, baik dari sisi bahan, potongan, warna serta gaya. Waktu yang tepat untuk mulai berburu jas pengantin sebaiknya dilakukan segera setelah mempelai wanita menemukan gaun pengantin idamannya. Sebaiknya mempelai pria sudah memesan jas pengantin pilihannya sekitar 1 hingga 3 bulan sebelum hari H, terutama jika memilih waktu pernikahan di musim yang padat seperti di akhir tahun.

Memilih Model Jas Pengantin Pria

Untuk memilih model jas pengantin pria yang tepat, tentu sebaiknya disesuaikan dengan selera calon pengantin pria dan selaras dengan gaun pengantin yang dipilih. Syarat utamanya adalah setelan jas pengantin tersebut harus pas dan nyaman dikenakan. Untuk itu Anda harus memastikan telah memilih penjahit yang berkualitas, meskipun mungkin sedikit mahal.

Mengenai pemilihan model, apabila calon pengantin pria memiliki kepribadian yang modern, tidak ada salahnya memilih model jas pengantin yang lebih trendy sehingga membedakannya dari penampilan sehari-hari. Jangan takut untuk memilih warna diluar warna hitam, seperti misalkan warna abu-abu tua, abu kebiruan, coklat atau bahkan warna-warna terang seperti krem atau bahkan silver. Sedangkan untuk calon mempelai pria yang lebih bersifat tradisional, dapat memilih model jas pengantin klasik namun berwibawa.

Berikut beberapa pilihan model jas pengantin pria:

Model Jas Pengantin Pria

Model Jas Pengantin Pria – Cutaway atau morning coat

Setelan jas pengantin yang biasanya digunakan untuk pernikahan di pagi hingga petang. Jas berwarna hitam atau abu-abu dilengkapi dengan kancing tunggal di bagian pinggang serta bagian ekor yang agak panjang. Biasanya, jas ini akan dipadukan dengan kemeja berkerah, dasi panjang dan celana panjang motif garis.

Model Jas Pengantin Pria – Dinner jacket atau jas resmi

Setelan jas resmi yang biasanya berwarna putih atau gading dipadukan dengan celana panjang warna gelap bermotif garis. Biasanya sangat sesuai digunakan untuk pernikahan yang bersifat kasual/santai di sore atau malam hari sebagai pengganti yang tepat untuk tuksedo standard.

Model Jas Pengantin Pria – Stroller coat

Variasi dari mantel yang digunakan dipagi hari, umumnya memiliki panjang hingga pinggul. Sangat gagah bila dipadukan dengan rompi yang mewah. Jas dengan gaya ini biasanya lebih menampilkan kepribadian yang santai dan cerdik.

gambar jas pengantin pria

 

Model Jas Pengantin Pria – Tails

Model jas pengantin yang memiliki bagian depan pendek dan dua ‘ekor’ yang lebih panjang di bagian belakang. Biasanya dipadukan dengan kemeja putih, bretel, rompi dan dasi kupu-kupu. Jas model ini memberi kesan sangat resmi.

Model Jas Pengantin Pria – Traditional tuxedo (black tie)

Model jas pengantin pria ini biasanya cocok digunakan diatas jam 6 sore, namun masih pantas juga dikenakan di acara resmi pada sore hari. Jas berwarna hitam atau abu-abu dengan kancing tunggal menampilkan gaya klasik nan gagah. Dikenakan bersama dengan celana panjang model flat-front, dasi kupu-kupu, bretel dan rompi. Untuk menambah variasi tuksedo tradisional ini, Anda bisa juga memilih kemeja dengan warna gelap yang divariasikan dengan dasi biasa, bukan dasi kupu-kupu.

Model Jas Pengantin Pria – Dark suit

Untuk pernikahan yang bersifat santai, biasanya calon pengantin pria tidak memilih jas model tuksedo. Anda dapat memilih setelan jas pengantin biasa dengan warna solid seperti hitam, charcoal atau navy dipadukan dengan dasi bermotif halus.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Setelah memilih model jas pengantin, maka akan dilanjutkan ke proses pembuatannya. Pastikan Anda memilih penjahit yang sudah terbiasa dengan pembuatan jas pengantin. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :

  • Manset kemeja harus mengintip keluar saat kedua tangan diluruskan di sisi badan.
  • Panjang celana harus menyentuh tumit sepatu bagian belakang.
  • Kaos kaki yang dikenakan tidak boleh terlihat.

Model Potongan Kerah Jas Pengantin Pria

  • Pertimbangkan dengan cermat potongan kerah yang dipilih. Model kerah yang banyak digunakan secara umum adalah notch lapel (model bertingkat). Sementara jas model dinner jacket, morning coat atau tails biasanya dilengkapi dengan model kerah peaked lapel, model bersusun dengan sudut bagian bawah menunjuk ke atas. Selain itu, potongan kerah berbentuk membulat yang disebut shawl collar dengan paduan kain satin juga dapat menambah gagah penampilan calon mempelai pria.

Demikianlah sedikit panduan Memilih Model Jas Pengantin Pria. (TeamPreWedding/getwed, tuslalifestylepubs).


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *