Tema Warna Pernikahan, Bagaimana Cara Memilih Yang Tepat?

Tema Warna Pernikahan, Bagaimana Cara Memilih Yang Tepat? – Warna merupakan faktor penentu yang cukup penting dalam merencanakan pernikahan yang meriah. Kesalahan atau ketidakselarasan dalam pemilihan warna bisa berakibat fatal, bahkan memberi kesan murah pada suatu acara pernikahan. Berbagai pernik pernikahan, mulai dari gaun pengantin, kue pengantin, dekorasi pernikahan atau lokasi gedung pernikahan hingga undangan pernikahan selayaknya memiliki paduan warna yang selaras.

Pemilihan tema warna juga dapat merefleksikan kepribadian calon mempelai serta memperindah hasil foto pernikahan yang akan menjadi kenangan cinta abadi Anda. Anda juga dapat memilih warna sesuai dengan trend di tahun yang bersangkutan. Seperti di tahun ini, warna-warna seperti biru keabu-abuan, abu-abu kehijauan, kuning lemon atau violet nampaknya sedang menjadi trend. Dengan pemilihan tema warna yang tepat, Anda telah memastikan akan memperoleh acara resepsi pernikahan yang anggun dan berkesan.

Trend warna pernikahan

 

Memilih Tema Warna Pernikahan Yang Sesuai

Saat Anda dan pasangan memilih tema warna untuk pernikahan, sebaiknya pilihlah warna favorit Anda berdua terlebih dahulu sebagai warna utama. Kemudian barulah Anda dapat mengembangkannya dengan kombinasi warna yang sesuai untuk menambahkan aksen tertentu. Anda juga harus memperhatikan lokasi atau gedung pernikahan yang Anda pilih termasuk dekorasi standard yang telah disediakan, seperti warna karpet, wallpaper, tirai dan sebagainya, agar tidak bertabrakan dengan paduan tema warna yang Anda pilih. Untuk pernikahan outdoor, sebaiknya Anda memilih warna-warna yang cerah dan menyegarkan.

Kombinasi warna pernikahan

 

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh paduan warna yang sesuai untuk pernikahan Anda adalah:

  1. Pilihlah sedikitnya 2 warna (diluar warna putih dan ivory) untuk menciptakan tampilan yang dinamis
    Memilih kombinasi lebih dari satu warna akan menciptakan lebih banyak pilihan untuk penempatan dan kombinasi warna di berbagai sisi. Keharmonisan dan keseimbangan paduan warna juga akan membuat tampilan pernikahan yang lebih semarak. Untuk memulai pemilihan, sebaiknya Anda memutuskan dulu kesan emosi apa yang ingin ditampilkan di perayaan pernikahan Anda. Apakah suatu pesta yang tenteram, romantis atau penuh semangat.
  2. Seimbangkan warna-warna gelap dengan beberapa warna cerah.
    Bagi Anda yang ingin menampilkan kesan mewah, maka warna gelap adalah pilihan yang tepat. Namun tanpa aksen warna cerah yang kontras, pernikahan Anda akan kurang semarak dan cenderung datar. Misalkan pasangan warna biru navy dengan fuschia atau tembaga dengan kuning cerah akan menciptakan visualisasi pernikahan yang indah.
  3. Pilihlah pola, bukan hanya warna.
    Jika Anda benar-benar hanya menyukai satu jenis warna, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih pola tertentu. Hal ini akan membantu Anda memperoleh tampilan multi-dimensi yang cantik tanpa membutuhkan banyak warna. Misalkan warna klasik hitam dan putih dipadukan dalam pola simbol celtic atau pola binatang yang unik.
  4. Jangan terlalu ramai
    Perlu diingat, tidak semua detail pernikahan membutuhkan warna. Cerdiklah dalam menempatkan warna pilihan Anda sehingga tidak memberi kesan pernikahan yang murah. Misalkan sebuah kue pengantin berwarna putih nan klasik serta kain berwarna netral akan mampu meredam suasana pernikahan yang berwarna menjadi lebih elegan.

Mengeksekusi Tema Warna PernikahanYang Tepat

Pengeksekusian atau penempatan warna yang tepat untuk berbagai pernik pernikahan akan menciptakan kesan tertentu. Ingat! Tidak semua hal yang berkaitan dengan pernikahan harus diberi warna tertentu, sebaiknya kombinasikan dengan warna-warna netral agar tidak terlihat ramai. Hal ini memerlukan trik khusus. Anda perlu berimajinasi mengenai sebuah acara pesta pernikahan di lokasi atau gedung yang telah dipilih. Beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan pewarnaannya adalah:

Eksekusi warna pernikahan

Gaun pengantin, jas pernikahan dan aksesoris
Gaun pengantin tidak harus selalu berwarna putih atau ivory. Begitu juga dengan aksesoris yang melengkapinya. Mengkombinasikan gaun pengantin dengan berbagai semburat warna seperti pink dan oranye atau hijau pupus dan kuning juga akan mempercantik penampilan mempelai wanita. Tampilan tersebut juga dapat dipercantik dengan memadukan warna dari berbagai aksesoris seperti hiasan rambut, gelang, anting dan kalung berwarna senada.

Aksen warna yang dipilih tersebut juga dapat ditampilkan melalui jas mempelai pria, misalnya dengan pemilihan warna vest, dasi atau saputangan yang selaras dengan gaun sang wanita.

Undangan pernikahan dan stationary
Undangan pernikahan dan segala alat tulis, seperti buku tamu, yang terkait di pernikahan sebaiknya menggunakan tone warna yang selaras dengan tema warna yang dipilih. Atau bisa juga Anda memilih warna netral dengan aksesoris seperti pita dan warna tulisan yang sesuai tema warna pernikahan.

 

Bunga dan dekorasi gedung pernikahan
Seperti halnya gaun pengantin, salah satu fokus yang memeriahkan pernikahan adalah bunga pengantin dan dekorasi. Pastikan Anda memberitahukan secara spesifik tema warna yang diinginkan kepada pihak dekorasi gedung pernikahan, berikut dengan pilihan jenis bunga yang Anda inginkan. Demikian juga pilihan warna gaun pengantin Anda, agar nantinya pihak dekorasi dapat menyediakan buket pernikahan yang selaras.

Kue pengantin
Kue pengantin juga selayaknya memiliki tema warna yang sesuai dengan dekorasi gedung pernikahan. Dengan demikian, kue tersebut dapat mempercantik tampilan resepsi pernikahan secara keseluruhan, bukan malah merusaknya. Anda juga dapat memilih kue pengantin berwarna netral dengan ornamen berwarna tertentu. Atau apabila Anda memilih kue yang dihiasi bunga segar, Anda sebaiknya memberitahukan pembuat kue mengenai pilihan warna dan bunga yang diinginkan sehingga selaras dengan keseluruhan dekorasi yang ditampilkan.

Souvenir pernikahan
Warna yang dipilih untuk souvenir pernikahan juga harus diperhatikan agar tidak bertolak belakang dengan tema warna pernikahan yang Anda pilih. (Team PreWeddingKuOk/berbagai sumber).


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *