Tips Cara Memilih Model Kebaya Pengantin Yang Anggun

Tips Cara Memilih Model Kebaya Pengantin Yang Anggun – Model Kebaya sebagai busana tradisional Indonesia mampu menggambarkan postur tubuh wanita dengan sempurna dan penampilan yang elegan. Seiring dengan perkembangannya, saat ini banyak calon pengantin yang memilih model kebaya modern sebagai gaun pengantin mereka.

Saat ini kebaya pengantin sudah mampu menjadi salah satu baju pernikahan favorit yang banyak dipilih oleh calon mempelai wanita. Berbagai pilihan model kebaya pengantin modern dengan serangkaian motif dan warna, dapat mendukung penampilan wanita menjadi anggun dan sukses merebut perhatian bagi tamu undangan yang hadir. Namun agar pengantin wanita dapat tampil cantik dan mempesona, tentunya kemampuan untuk memilih kebaya pengantin yang sesuai menjadi faktor terpenting.

Berikut beberapa tips cara memilih model kebaya pengantin idaman:

1. Mulailah mencari informasi sebanyak mungkin mengenai model-model kebaya pengantin.
Anda dapat memperoleh informasi tersebut melalui majalah, media internet ataupun dengan mengunjungi sejumlah pameran pernikahan. Jangan terburu-buru memilih kebaya pengantin, diskusikan terlebih dahulu secara matang dengan pasangan. Mintalah juga pendapat beberapa orang yang dianggap memiliki selera cukup baik dalam berbusana.

2. Pilihlah model kebaya pengantin yang sesuai dengan tema dan kepribadian Anda.
Untuk calon pengantin wanita yang ingin tampil gaya, sebaiknya memilih kebaya modern sebagai kebaya pengantinnya. Namun perlu diingat bahwa tidak semua wanita dianugerahi potongan tubuh yang sempurna. Beberapa wanita memiliki bagian-bagian tubuh yang tampak lebih menonjol dibandingkan yang lain. Oleh karena itu, dalam memilih model kebaya pengantin, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu potongan tubuh Anda.

Model Kebaya Pengantin

 

 Tips sederhana lanjutan dalam pemilihan model kebaya pengantin:

  • Calon mempelai wanita dengan tubuh mungil berisi sebaiknya memilih kebaya pengantin yang memberi aksen lebih dibagian pundak dan berpotongan serong pada bagian bawah agar tubuhnya terkesan lebih tinggi.
    Ukuran kebaya pengantin sebaiknya tidak terlalu panjang, jangan memilih kebaya yang panjangnya hingga ke lutut, cukup sampai pinggul. Anda dapat pula memilih kebaya pengantin dengan model bagian belakang yang lebih panjang. Jangan memilih kebaya pengantin yang berkerah tinggi atau tertutup atau memiliki detil yang penuh dibagian leher.
  • Calon pengantin wanita bertubuh kurus sebaiknya tidak memilih model kebaya pengantin yang terbuka dibagian bahu (offshoulder). Pilihan yang paling tepat adalah kebaya berkerah shanghai dengan aksen payet. Dengan model ini, tubuh pengantin wanita akan terlihat lebih berisi.
  • Bagi calon mempelai wanita yang memiliki bahu lebar, sebaiknya memilih model kebaya pengantin dengan bagian dada yang lebih terbuka atau berkerah V. Pilihlah juga kebaya pengantin yang memiliki lebih banyak aksen dibagian pinggul agar terlihat lebih proporsional.
  • Untuk calon mempelai wanita yang memiliki payudara besar, sebaiknya memilih kebaya pengantin dengan model tertutup dibagian dada atau kerah yang tertutup sehingga payudara dapat tertutup secara penuh. Jangan memilih kebaya yang memiliki banyak aksen dibagian dada serta kebaya yang memiliki garis leher rendah serta memakai cup bustier dengan padding. Sebaliknya, apabila calon mempelai wanita memiliki dada kecil, maka pilihan terbaik adalah menyiasatinya dengan memberikan detil yang agak penuh dibagian dada. Dapat juga dengan menonjolkan aksen payet yang cantik di bagian dada.
  • Calon pengantin wanita dengan potongan perut yang besar sebaiknya memilih kebaya pengantin yang memiliki detil minimal dibagian pinggang dan pinggul. Pilihlah juga kebaya yang memiliki panjang hingga di bawah pinggul. Model kebaya empire atau baby doll nampaknya menjadi pilihan terbaik.

3. Perhatikan bahan, ukuran serta warna kebaya pengantin yang Anda pilih.
Pada acara siraman sebaiknya calon mempelai wanita memilih model kebaya encim dengan bahan chiffon ber-bordir. Sedangkan untuk akad nikah dan resepsi sebaiknya memilih bahan yang sifatnya lebih glamour, antara lain brokat berpayet, brokat impor Prancis atau brokat Jepang. Perlu diingat bagi pengantin yang memilih aksen lace pada kebaya panjang sebaiknya jangan menggunakan aksen payet/manik yang berlebihan. Bahan lace sebaiknya dikombinasikan dengan chiffon atau tule.

Pemilihan warna kebaya pengantin juga sangat berperan untuk menunjang penampilan calon mempelai wanita. Jangan takut untuk memilih warna-warna diluar warna yang biasa dipakai. Berikut ini beberapa tips pemilihan warna kebaya pengantin:

  • Pilihlah warna bustier (bagian dalam kebaya) yang senada atau lebih terang dari kebaya. Namun bagi calon pengantin yang memiliki bentuk tubuh besar sebaiknya memilih bustier serta rok dengan warna yang lebih tua. Sebaiknya hindari pemilihan warna-warna pucat atau warna muda sebagai kebaya pengantin.
  • Bagi calon pengantin wanita berkulit gelap, ada baiknya untuk memilih warna-warna netral atau yang berkesan halus. Namun tidak menutup kemungkinan untu memilih warna terang bila memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi.
  • Calon mempelai wanita berkulit kuning langsat, putih atau madu, memiliki keuntungan karena dapat lebih bebas memilih warna kebaya pengantinnya. Yang perlu diingat adalah perhatian keserasian warna kebaya tersebut.
  • Jika calon pengantin memutuskan mengadakan pesta di pagi/siang hari maka warna pastel yang lembut akan menjadi pilihan sempurna untuk kebaya pengantin. Namun untuk pesta di malam hari, sebaiknya memilih kebaya pengantin berwarna terang atau kuat.
  • Beberapa warna kebaya pengantin yang dapat menimbulkan kesan anggun dan mewah adalah warna merah marun, merah anggur, coklat kopi, coklat emas atau hijau lumut.

4.  Sesuaikan pilihan kebaya pengantin dengan anggaran yang telah ditetapkan.
Tentu saja calon pengantin harus bijak dalam mengelola anggaran yang dipersiapkan untuk hari istimewanya. Untuk itu, dalam memilih model kebaya pengantin sebaiknya sesuaikan dengan anggaran yang telah ditetapkan. Perlu diingat calon pengantin dapat pula menyewa model kebaya pengantinnya di beberapa rumah kebaya agar lebih hemat. (Smb/Penjahitkebaya, my-weddingbelle)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *